startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Teori Biaya Produksi

Teori Biaya Produksi
Produksi dan biaya produksi bagaikan keping mata uang logam bersisi dua. Jika produksi berbicara tentang nilai fisik penggunaan faktor produksi, biaya mengukurnya dengan nilai uang. Dalalm ekonomi yang sudah modern, dimana peranan uang amat penting, maka ukuran efisiensi yang paling baik (walaupun bukan paling lengkap) adalah uang. Sesuatu yang efisien secara teknis, belum tentu secara finansial dan ekonomi menguntungkan.

Konsep Biaya
Pengertian biaya dalam ilmu ekonomi adalah biaya kesempatan. Konsep ini tetap dipakai dalam analisa teori biaya produksi. Berkaitan dengan konsep tersebut, kita mengenal biaya eksplisit (explicit cost) dan biaya implisit (implicit cost). Biaya ekplisit adalah biaya-biaya yang secara eksplisit terlihat, terutama melalui laporan keuangan.

Biaya Tenaga Kerja
Biaya tenaga kerja adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan tenaga kerja per orang per satuan waktu. Bagi ekonomi upah pekerja adalah biaya eksplisit, dengan asumsi upah yang dibayarkan adalah sama besar dengan upah yang diterima tenaga kerja bila bekerja di tempat yang lain.

Biaya Barang Modal
Ada perbedaan konsep antara ekonomi dan akuntan dalam perhitungan biaya barang modal. Akuntan menggunakan konsep biaya historis (historical cost). Ekonomi melhiat biaya barang modal sebagai besar uamg yang harus dikeluarkan untuk menggunakannya, melainkan berapa besar pendapatan yang diperoleh bila mesin disewakan kepada pengusaha lain.

Biaya Kewirausahaan
Wirausahawan (pengusaha) adalah orang yang mengkombinasikan berbagai faktor produksi untuk di transformasi menjadi output berupa barang dan jasa.
Produksi, Produktifitas dan Biaya

Keputusan tingkat produksi senantiasa berkaitan dengan tingkat prduktivitas faktor-faktor produksi yang digunakan. Produktivitas dan biaya mempunyai hubungan terbalik. Jika produktivitas makin tinggi, biaya produksi akan makin rendah. Begitu juga sebaliknya.

Perilaku biaya juga berhubungan dengan periode produksi. Dalam jangka pendek ada faktor produksi tetap yang menimbulkan biaya tetap, yaitu biaya produksi yang besarnya tidak tergantung pada tingkat produksi.
Dalam jangka panjang, perusahaan akan lebih mudah meningkatkan produktivitas dibanding dengan jangka pendek.




Artikel Terkait



Clicksor

free-islamic-ebook

Info Obat Herbal