startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Pengertian Biaya

Pengertian Biaya
Pengertian biaya menurut Committee on Terminology of The American Intitue of Certifed Public Accountans yang dikutip oleh Mas’ud Machfoedz (1993 : 8) adalah “Cost yaitu jumlah yang diukur dalam bentuk keuangan dari kas yang dikeluarkan atau kekayaan yang dipindahkan, saham yang dikeluarkan atau hutang yang dibentuk dalam hubungannya dengan barang atau jasa yang diperoleh”.

Besarnya biaya diukur dalam satuan moneter, di Indonesia yaitu rupiah yang jumlahnya dipengaruhi oleh transaksi dalam rangka pemilihan barang dan jasa tersebut. (Mulyaadi 2002 : 8) mendefinisikan biaya sebagai berikut:

“Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu”. Berdasarkan definisi diatas pengorbanan sumber ekonomis yang telah dikorbankan atau telah terjadi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Pengorbanan yang telah terjadi, yaitu nilai sumber ekonomis yang telah dikorbankan atau telah terjadi untuk mencapai tujuan tertentu, merupakan biaya historis, yaitu biaya yang telah terjadi dimasa lalu.
  2. Pengorbanan yang kemungkinan akan terjadi, yaitu nilai sumber ekonomis yang akan dikorbankan untuk mencapai tujuan tertentu merupakan biaya masa yang akan datang. Misalnya : biaya bunga modal sendiri, biaaya diferensial, dan biaya opportunity.

Untuk lebih memahami pengertian biaya,berikut ini sajikan pendapat dari beberapa ahli mengenai defisi-defisi biaya sebagai berikut ; 

Definisi biaya menurut Kusnadi (2002 :136) adalah sebagai berikut :” Biaya di definisikan sebagai manfaat (benefit) yang dikorbankan dalam rangka memperoleh barang dan jasa”.

Konsep biaya terus berkembang, sesuai dengan kebutuhan para pemakainya yang berlatar belakang dari berbagai disiplin ilmu. Oleh sebab itu,banyak teori mengenai biaya yang dikembangkan para ahli sesuai dengan dengan kondisi yang ada.

Krismiaji (2002:18) mendefinisikan biaya sebagai brikut “Kas atau equivalent kas yang dikorbankan untuk membeli barang atau jasa yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi perusahaan saat sekarang atau untuk periode mendatang “.

Dari definisi-definisi di atas yang dikemukakan para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Biaya merupakan pengorbanan atau penggunaan sumber ekonomi.
2. Biaya diukur dalam satuan moneter
3. Biaya yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
4. Pengorbanan tersebut untuk mencapai tujuan tertentu dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan.

Artikel Terkait



No comments:

Clicksor

free-islamic-ebook

Info Obat Herbal