Hasad (Dengki)


Hasad (dengki), kita tentu sudah sangat familiar dengan kata-kata tersebut. Bahkan dulu mungkin sewaktu pelajaran agama SD/MI, mungkin kita sering memilih sifat tercela yang satu ini ketika diminta menuliskan salah satu contoh sifat tercela. Hasad sering disebut juga dengki atau iri. Hasad/dengki adalah sikap tidak senang ketika melihat orang lain mendapatkan nikmat dan berupaya agar nikmat itu berpindah kepada dirinya dengan menghalalkan segala cara. Untuk mengetahui gejala penyakit hasad/dengki ini cukup mudah, yaitu dengan bertanya kepada diri kita, “Apakah kita termasuk orang yang senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang?” Kalau ya, cepatlah bertobat dan berbenah diri, karena kita sedang terjangkit penyakit hasad.

Lebih lanjut lagi, sifat hasad/dengki ini bisa dalam bentuk perbuatan yang berupa kemarahan, permushan, menjelek-jelekkan, atau menjatuhkan nama baik orang lain. Orang yang terkena sifat ini bersikap serakah, rakus, dan zalim. Ia akan menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya, bahkan tidak segan-segan berbuat aniaya (zalim) terhadap sesamanya yang mendapatkan kenikmatan agar cepat kenikmatan itu berpindah kepada dirinya.

Penyakit hasad ini berpangkal dariiri dan marah, sebab yang lain adalah karena kalah bersaing dalam merebut simpati orang atau dalam usaha, sifat kikir yang berlebihan, cinta dunia dan sejenisnya, merasa sakit jika orang lain memiliki kelebihan, dan tidak beriman kepada qada dan qadar.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Berkah Herbal Banner 17

free-islamic-ebook

Info Obat Herbal